Astronomi Modern Mengungkap Fakta Penciptaan Alam Semesta Bagian Kedua

Periode Pembentukan Alam Thawaf-nya Debu Angkasa

“Sesungguhnya patutkah kamu kafir kepada Yang menciptakan bumi dalam dua masa dan kamu adakan sekutu-sekutu bagiNya? (Yang bersifat) demikian itu adalah Rabb semesta alam”.Dan dia menciptakan di bumi itu gunung-gunung yang kokoh di atasnya. Dia memberkahinya dan Dia menentukan padanya kadar makanan-makanan (penghuni)nya dalam empat masa. (Penjelasan itu sebagai jawaban) bagi orang-orang yang bertanya. Kemudian Dia menuju kepada penciptaan langit dan langit itu masih merupakan asap, lalu Dia berkata kepadanya dan kepada bumi: “Datanglah kamu keduanya menurut perintah-Ku dengan suka hati atau terpaksa”. Keduanya menjawab: “Kami datang dengan suka hati”.Maka Dia menjadikannya tujuh langit dalam dua masa. Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit urusannya. Dan Kami hiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang yang cemerlang dan Kami memeliharanya dengan sebaik-baiknya. Demikianlah ketentuan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.” (QS al-Fushilat 9-12)

Subhanallah, Allah Maha Besar. Allah telah ‘ mengambil janji ‘ langit dan bumi pada masa awal penciptaan alam semesta. Sedangkan tahapan2 penciptaan alam secara ringkas adalah sbb;

Pertama, Ledakan besar (Big Bang) pada sekitar 12-20 miliar tahun lalu yang kemudian diikuti saat langit (ruang alam semesta) mengembang.“Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya……” (QS al-Anbiyaa’ 30)

Kedua, Pembentukan bintang berbahan dasar debu-debu dan gas antarbintang.

Ketiga & keempat, Penciptaan tata surya ;proses pembentukan matahari, bumi, dipancarkannya cahaya dan angin. Menurut hasil telaah teoritik ,pembentukan bintang bermula dari kontraksi (pemadatan) debu dan gas secara lambat akibat gaya gravitasinya sendiri sambil berotasi. Gas dan debu berthawaf mengelilingi inti pemadatan yang akhirnya nanti akan menjadi bakal bintang. Akibat rotasi itu,sebagian debu dan gas membentuk piringan di sekitar inti yang terus berotasi.Setelah proses pemadatan terhenti, selain bintang muda yang baru terbentuk yang tersisa adalah piringan debu dan gas (nebula protoplanet)yang selanjutnya memasuki masa pembentukan planet2.

Kelima, Hadirnya atmosfer dan air, keduanya merupakan prasyarat dari kehidupan di bumi.

Keenam,. Masa awal hadirnya kehidupan yang bermulai dari makhluk bersel satu dan tumbuh2an.Dengan adanya tumbuhan yang berfotosintesis sekitar 2 milyar tahun lalu menyebabkan atmosfer mulai terisi oksigen bebas. Disaat yang sama proses geologis yang mengakibatkan proses pergeseran lempeng tektonik dan lahirnya rantai pegunungan terus berlangsung.

“ Apakah kamu lebih sulit penciptaanya ataukah langit? Allah telah membinanya.Dia meninggikan bangunannya lalu menyempurnakannya, dan Dia menjadikan malamnya gelap gulita, dan menjadikan siangnya terang benderang. Dan bumi sesudah itu dihamparkan-Nya. Ia memancarkan daripadanya mata airnya, dan (menumbuhkan) tumbuh-tumbuhannya. Dan gunung-gunung dipancangkan-Nya dengan teguh,(semua itu) untuk kesenanganmu dan untuk binatang-binatang ternakmu.”

(QS an-Nazi’at 27-33)

 *disarikan dari Republika,11 Juni 2004

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s